Major Label & Indie Label…???

13 Feb 2009

Perkembangan musik di Indonesia di abad 20 ini, bagaikan jamur dimusim hujan (masih pepatah lama). Kadang bersamaan muncul, kadang bersamaan tenggelam. Mungkin karena hobi pendengarnya, hanya ingin bosan dengar musik. So. Kalau ada lagu baru maunya dengar terus tiap hari hingga bosan, lalu ditinggalkan. Wets, habis manis sepah dibuang donk.

Jadi pertanyaanya, seberapa besar kita mencintai musik? Seberapa besar kita menghargai karya orang lain? Tanyakan pada diri anda?

Kembali ketopik kita Major Label vs Indie Label.
Sebenarnya, keduanya tidak boleh dipertentangkan. Karena itu, tulisan ini hanya ingin mendamaikan. Sebenarnya Band Major dan Indie memiliki kesamaan tujuan bermusik untuk diri sendiri. Walaupun nantinya, banyak kepentingan yang masuk. Mulai dari kepentingan lingkungan band, Rekaman hingga pendengar.

Inti perbedaan sebenarnya pada produksinya. Band major label yang selama ini disebut band papan atas, memproduksi lagunya menggunakan jasa studio record besar. Misalnya untuk di Sukabumi sendiri saat ini sebut aja diantaranya Vagetoz, Starlet, Magnet, Pudja Band (Band2x dari Sukabumi yang telah menembus Major Label akhir2x ini)Sementara band indie menggunakan studio record bisa dikatakan standar (studio indie), bahkan produksi sendiri (home production), Seperti Leeming Band, lalu Mighty Finger (Dulunya Middle Finger), Bolonk, Borgol, Inhumanity, Black Ramstain dan Band Indie Lainnya di Sukabumi.

Jadi, Siapa yang jago atau menang? Major atau Indie? Tanyakan pada diri anda? Lagu Atau Grup band yang anda paling suka itulah yang jago? Karena yang menilai adalah anda sendiri? Tidak boleh mengikuti pendapat orang lain ataukah melalui polling? Dan, yang jago tidak boleh dinilai dari penjualan albumnya? atau lain-lainnya?

Olehnya, itu Major dan Indie pada dasarnya sama cuma sisematisnya yg beda. Kadang, kita tidak bisa membedakan mana band indie mana band major. Karena itu, jika anda sulit membedakannya, kami punya pendapat bahwa keduanya adalah band Anak Republik Indonesia. Lebih pendeknya Band Lokal Indonesia atau band Lokal. Jadi bagi kami, keduanya adalah BAND LOKAL. Akhirnya, Mari kita mencintai band lokal Indonesia dengan Membajak Lagunya, lalu ikut mempromosikannya, setelah itu download RBTnya, trus beli jg kaset/cd originalnya.an jgn lupa tonton konsernya

Gmn apa mungkin ada pendapat lain mengenai Hal ini….?
Setuju Atau Tidak mungkin Kalian mempunyai Argumen sendiri mengenai masalah ini….

yang pasti untuk Leeming Band sendiri utk kedepannya, apa itu di bawah naungan Label major ataupun Indie.. Leeming akan berusaha utk tetap memberikan Karakter yg kuat… Amien


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post