Promosi Band Lewat Internet

6 Dec 2008

Bersyukurlah buat kalian anak band yang hidup di jaman serba digital seperti sekarang ini. Pesatnya perkembangan tekhnologi menjanjkan banyak kemudahan,kemurahan dan kecepatan dalam memasarkan musik. Baik itu dalam bentuk video klip,mp3 dan sebagainya.

Sejenak kita flashback kebelakang,tepatnya sekitar 10an tahun yang lalu,dimana saat itu sangat sulit sekali untuk mempromosikan band jika kita adalah musisi-musisi amatir (independen). Jaman dulu para musisi masih terpatok pada MAJOR LABEL,stasiun televisi,radio-radio untuk mempromosikan bandnya. Dan itu juga memerlukan budget yang sangat luar biasa banyaknya. Mengadu nasib diberbagai festival musik itu merupakan sebuah kewajiban di masa lalu untuk meraih sebuah popularitas.

Kini seiring dengan perkembangan teknologi, ketergantungan artis terhadap otoritas industri musik konvensional semakin berkurang dengan hadirnya internet. Beragam situs social networking seperti Friendster, MySpace, Facebook, Multiply hingga AmpChannelV telah menjadi promotional tools yang sangat membantu band-band pendatang baru dalam mengantarkan musik mereka kepada calon penggemar.

Jika diluar negeri nama-nama seperti Artic monkeys,panic! At The Disco,etc mereka adalah band-band yang mengawali karir global mereka dari dunia internet. Mungkin White Shoes & The Couples Company tidak akan pernah manggung di SXSW Festival di Texas dan mengedarkan album mereka di Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Australia. Mocca tidak akan dikontrak oleh indie

label Jepang dan menggelar show di sana atau negara-negara Asia Tenggara lainnya. The S.I.G.I.T. juga tidak mungkin menggelar tur sebulan penuh keliling Australia untuk mempromosikan album mereka disana. Dan masih banyak lagi cerita kesuksesan dari artis-artis dalam negeri lain yang dapat merilis album atau manggung di luar negeri tentunya. Semua itu terjadi karena jasa internet!

Jika artis-artis bernama besar kita banyak mengumbar retorika go international di berbagai infotainment (bahkan gagal go international pun diberitakan) maka band-band di atas tadi tanpa adanya publikasi justru telah berhasil merealisasikannya. Memang bukan sukses fenomenal menjual jutaan keping album seperti dicetak Anggun di Prancis namun setidaknya album-album mere-ka telah diedarkan di luar negeri. Dan sekali lagi semuanya berkat teknologi internet!

Mungkin kalian gak pernah tau,bahwa dari kota kecil Mataram dulu pernah ada sebuah band yang bernama I.C.U (Industrial Cyber Unit) berhasil menembus pasar musik di belanda,bahkan dulu pernah masuk top chart request 10 besar di radio lokal Belanda. Itu semua gak lepas dari tehnik promosi band melalui internet. So.buat kalian-kalian anak band yang pengen mempromosikan band-band indie kalian berikut ada beberapa referensi website yang mungkin bisa kalian kunjungi.

1. AmieStreet
http://amiestreet.com
Jaringan sosial dan marketplace musik untuk artis indie ini memiliki koleksi database berbagai album indie lengkap, jika anda seorang musisi indie, anda bisa menjual rekaman anda disini dan mendapatkan 70% dari hasil penjualan.

2. AnyGig
http://www.anygig.com
Tempat ini disediakan untuk para musisi indie sebagai tempat promosi band dan venue tempat memainkan lagu band tersebut untuk didengarkan pengunjung situs.
3cc

3. Artistopia
http://www.artistopia.com
Venue online untuk para performer musik dengan profil dan tempat display hasil kerja musik mereka, anda bisa menemukan banyak artis bagus disini atau mempromosikan band indie anda.

4. BandBuzz
http://bandbuzz.com
Jaringan sosial dimana artis indie dapat membuat sendiri profilnya, meng-upload musik mereka dan direview dan direkomendasikan oleh pengguna situsnya.

5. BandChemistry
http://www.bandchemistry.com
Situs untuk para musisi untuk mencari anggota baru untuk grup band mereka dan membentuk band baru.

6. BandWagon.co.uk
http://bandwagon.co.uk/home
Jaringan sosial untuk para pecinta musik indie, dimana band-band indie juga dapat menjual mobile content seperti ringtone dan wallpaper.

7. ChampionSound
http://www.championsound.com
Manager mailing list gratis untuk artis, promoter acara dan venue.

8. Elisteningpost
http://www.elisteningpost.com
Disini anda bisa mengupload musik anda dan menjualnya dimanapun yang anda mau seperti MySpace dan FaceBook.

9. FireGigs
http://www.firegigs.com
Situs ini bertujuan untuk mempromosikan band-band yang belum diketahui dengan memainkan musik-musiknya pada background musik cafe, coffe shop, dan banyak lagi lainnya. Selain itu juga dipromosikan melalui aplikasi facebook dan widget MySpace.

10. Fuzz
http://www.fuzz.com
Jika anda seorang performer, anda bisa mengupload musik anda disini untuk dijual dan juga me-manajemen mailing list band anda dan banyak lagi.

11. HumbleVoice
http://www.humblevoice.com
Tempat ini ditujukan untuk semua tipe artis independen, termasuk musisi untuk mempromosikan hasil karya ciptanya.

12. iJamr
http://www.ijamr.com/landing.asp
Musisi indie disini dapat mengupload musik mereka dan blogger dapat meletakkan lagu mereka di situs mereka dengan gratis dan jika ada penjualan, blogger juga me 436 ndapat bagian.

13. Indistr
http://www.indistr.com
Perusahaan ini dapat membantu artis independennya untuk menjual musik mereka langsung ke publik dan musisi mendapatkan bagian 75% dari hasil penjualannya.

14. mTraks
http://www.mtraks.com
Pasar dan jaringan online untuk artis indie untuk mempromosikan dan menjual musik mereka.

15. Mubito
http://www.mubito.com
Disini anda bisa membuat sendiri website band anda dan juga menjual MP3 milik band anda.

16. Musicane
http://musicane.com/main/home
Disini anda bisa mepromosikan dan menjual musik dan ringtone buatan anda.

17. MusicNation
http://www.musicnation.com
Komunitas dengan halaman profil musisi ini juga mengadakan kompetisi dengan beragam hadiah.

18. Panjea
http://www.panjea.com
Disini anda bisa meletakkan klip anda dari web dan menggabungkannya dalam satu player sehingga hanya mengambil sedikit tempat pada halaman anda dan anda bisa mempromosikan musik anda dengan mudah.

19. PocketFuzz
http://www.pocketfuzz.com
Tempat untuk para musisi menjual ringtone hasil karya mereka dan memberitahukan berita kepada fans mereka melalui mobile.

20. PopFolio
http://www.popfolio.net
Provider widget musik untuk blog ini dapat membantu musisi independen mengupload lagu mereka sebagai contohnya dan menjualnya.

21. PumpAudio
http://www.pumpaudio.com
Layanan untuk artis indie ini dapat membantu lagu mereka menjadi lisensi soundtrack televisi atau film.

22. Ripple9
http://www.ripple9.com
Situs ini dapat membantu band untuk mempromosikan mereka melalui media mobile ke fans mereka.

23. Scriggleit
http://www.scriggleit.com
Software ini bisa anda gunakan pada laptop pada table merchandise sehingga anda bisa mengatur orang yang bergabung dalam mailing list.

24. SessionSound
http://www.sessionsound.com
Situs untuk musisi independen ini dapat membantu mereka untuk tetap menjadi artis indie dengan menjual musik mereka dengan online.

25. Unsigned
http://www.unsigned.com
Situs 472 untuk unsigned band meletakkan halaman profil mereka dan playlist Mp untuk mengundang pendengar baru.

Lets promote your band dudeshell yeah

GoGoGo..band indie


TAGS Promosi Band Lewat Internet


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post